THE EFFECT OF RECIPROCAL QUESTIONING STRATEGY IN COOPERATIVE LEARNING SETTING TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF SMA NEGERI 4 SINGARAJA IN ACADEMIC YEAR 2016/2017
Main Authors: | ., Putu Indah Puspitasari, ., Prof. Dr. Anak Agung Istri Ngr. Marha, ., Kadek Sonia Piscayanti, S.Pd. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2016
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPBI/article/view/8700 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini ditujukan untuk menginvestigasi ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan dalam kemampuan memahami bacaan antara siswa yang diajar menggunakan strategi Reciprocal Questioning dalam situasi Cooperative Learning dan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional. Penelitian inimerupakan penelitian eksperimen dengan desain Post-test Only Control Group. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Singaraja. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas sebelas di SMA Negeri 4 Singaraja pada tahun akademik 2016/2017 dengan 60 siswasebagaisampel yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan reading comprehension test. Data yang terkumpul dianalisis dengan t-test yang dibantu oleh SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara siswa kelas sebelas yang diajar menggunakan strategi Reciprocal Questioning dalam situasi Cooperative Learning dan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional (t=3.845, p