THE EFFECT OF CIRC TECHNIQUE FACILITATED WITH FANFICTION TOWARDS EIGHTH GRADE STUDENTS' WRITING COMPETENCY AT SMP NEGERI 2 BANJARANGKAN IN ACADEMIC YEAR 2015/2016

Main Authors: ., Ketut Ary Sri Prawrethy, ., Kadek Sonia Piscayanti, S.Pd., ., Nyoman Karina Wedhanti, S.Pd., M.Pd
Format: Article info eJournal
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2015
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPBI/article/view/6118
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang menganalisis efektivitas penggunaan Teknik CIRC difasilitasi dengan fanfiction terhadap kemampuan menulis siswa kelas delapan di SMP Negeri 2 Banjarangkan. Subyek penelitian ini adalah dua kelas di kelas delapan yang telah dipilih secara acak dan setiap kelas terdiri dari 30 siswa, kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan teori Durukan (2010) dan Thomas (2011) sebagai landasan teori. Proses analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial. Dari hasil analisis statistik deskriptif, siswa diajarkan dengan menggunakan teknik CIRC Difasilitasi dengan fanfiction memiliki kompetensi yang lebih baik daripada mereka yang diajarkan oleh Konvensional Strategi Menulis. Hal ini dibuktikan dengan hasil post-test mereka. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari kelompok eksperimen 85,13 lebih tinggi daripada kelompok kontrol 77,97. Dari analisis inferensial dapat dilihat bahwa nilai signifikan tobs (sig. (2-tailed)) adalah 0,000. Karena 0,000