PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DEWANTARA PADA KONSEP HUKUM NEWTON

Main Author: Muhammad, Taufiq; FKIP Umuslim Bireuen
Other Authors: FKIP Umuslim
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Pendidikan Almuslim , 2013
Online Access: http://siakad.umuslim.ac.id/jurnal/index.php/JPA/article/view/18
http://siakad.umuslim.ac.id/jurnal/index.php/JPA/article/view/18/9
Daftar Isi:
  • Pada umumnya masih banyak guru yang menerapkan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, guru terlibat aktif dalam proses pembelajaran sedangkan siswa hanya menerima pembelajaran secara pasif. Kondisi tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Model pembelajaran Accelerated Learning memberi kesempatan kepada siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Dewantara pada konsep hukum Newton melalui penerapan model pembelajaran Accelerated Learning. Penelitian eksperimen semu dengan desain one group design. Sampel yang diteliti adalah siswa kelas X mandiri SMA Negeri 1 Dewantara. Alat pengumpul data berupa tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Accelerated Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t diperoleh thitung (17,9) > ttabel (1,70) pada taraf signifikan 0,05 dengan dk (N -1) = 29. Kata kunci: Accelerated Learning, hasil belajar, hukum Newton