PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI AYAT JURNAL PENYESUAIAN SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA DI SMK SURABAYA

Main Authors: NUR WAHYUNI, ANIS, , SUSANTI
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) , 2014
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9160
Daftar Isi:
  • Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa produk media pembelajaran akuntansi berbasis multimediainteraktif pada materi ayat jurnal penyesuaian siklus akuntansi perusahaan jasa di SMK Surabaya.. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan teori pengembangan 3-D Models (three D models) yang dimodifikasi dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang terdiri dari tiga tahapan diantaranya: define, design, develop. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan skor 79,58% dari validasi ahli materi, 95,33% dari validasi ahli media, dan 93,06% dari uji coba terbatas. Sehingga secara keseluruhan didapatkan skor persentase sebesar 89,32% dan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran akuntansi berbasis multimedia interaktif pada materi ayat jurnal penyesuaian siklus akuntansi perusahaan jasa di SMK Surabaya sangat layak digunakan.   Kata kunci: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Ayat Jurnal Penyesuaian Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa