Kepercayaan Diri Memoderasi Kecerdasan Emosional , Perilaku Belajar Akuntansi, dan Hasil belajar Akuntansi Dasar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Siswa

Main Authors: SUCIPTO, AGUNG, LISTIADI, AGUNG
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya , 2019
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/31279
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/31279/28391
Daftar Isi:
  • Tingkat pemahaman akuntansi merupakan sejauh mana kemampuan siswa untuk memahami akuntansi baik secara teori maupun secara praktek. Tingkat pemahaman akuntansi dipengaruhi oleh unsur internal dan unsur eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, perilaku belajar akuntansi dan hasil belajar akuntansi dasar terhadap tingkat pemahaman akuntansi, kepercayaan diri dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi, kepercayaan diri dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh perilaku belajar akuntansi dasar terhadap tingkat pemahaman akuntansi, dan kepercayaan diri dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh hasil belajar akuntansi dasar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Siswa kelas XI jurusan Akuntansi diambil secara random sebagai responden penelitian dengan jumlah 100 siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai yakni kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan a) terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi, terbukti nilai T statistik sebesar 2,813, b) perilaku belajar akuntansi tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, terbukti nilai T statistik sebesar 1,199, c) tidak terdapat pengaruh hasil belajar akuntansi dasar terhadap tingkat pemahaman akuntansi, terbukti nilai T statistik sebesar 1,733, d) kepercayaan diri bukan merupakan variabel moderating antara pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi, terbukti nilai T statistik sebebsar 0,517, e) kepercayaan diri bukan merupakan variabel moderating antara pengaruh perilaku belajar akuntansi terhadap tingkat pemahaman akuntansi, terbukti nilai T statistik sebesar 0,627, f) kepercayaan diri bukan merupakan variabel moderating antara pengaruh hasil belajar akuntansi dasar terhadap tingkat pemahaman akuntansi, akan tetapi secara simultan hasil belajar akuntansi dasar dan kepercayaan diri berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, terbukti nilai T statistik sebesar 1,964. Kata Kunci: emosional, perilaku, hasil belajar, pemahaman, percaya diri