PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI LEMBAGA UNTUK SMK KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA

Main Authors: NUR AINI, ELLA, , SUSANTI
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya , 2019
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/30567
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/30567/27853
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa buku ajar di mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga berbasis kontekstual untuk SMK kelas XI kompetensi keahlian akuntansi dan keuangan lembaga. Subjek uji cobanya adalah 20 peserta didik dari kelas XI di SMK Negeri 4 Surabaya. Model pengembangannya adalah 4–D yaitu tahap define, tahap design, tahap develop tanpa tahap disseminate. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa kelayakan dari para ahli materi, ahli bahasa, dan ahli grafis secara berturut–turut diperoleh presentase sebesar 84,28%, 74,76%, dan 86,84% dan pada rata–rata responnya peserta didik diperoleh presentase sebesar 93%. Kata Kunci: bahan ajar, kontekstual, praktikum akuntansi lembaga   Abstract This development research aims to produce teaching materials in the form of textbook for institution accounting practice subject based on contextual for class XI vocational accounting and financial institutions competencies. The subjects of the trial are 20 students from class XI accounting and financial institutions competencies at SMK Negeri 4 Surabaya. The development model is 4-D, namely the define stage, the design stage, the develop stage without the disseminate stage. The analysis technique used in this study was descriptive qualitative and quantitative. The results of this development study shows that the feasibility from material experts, linguists, and graphic experts in a row obtained a percentage of 84,28%, 74,76% and 86,84% and while the average response of students obtained a percentage of 93%. Keywords: Teaching materials, contextual, institution accounting practice