PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF PENDEKATAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI LEMBAGA/INSTANSI PEMERINTAH KELAS XI AKL SMK NEGERI 1 LAMONGAN
Main Authors: | ZUNIA PRATIWI, AFRIZA, , ROCHMAWATI |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya
, 2019
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/29791 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/29791/27296 |
Daftar Isi:
- Sehubungan dengan peningkatan kualitas pendidikan, maka saat ini diberlakukan kurikulum 2013 yang mengikuti pemikiran bahwa pengetahuan tidak bisa berpindah dari guru ke peserta didik begitu saja, oleh karenanya peserta didik harus lebih aktif membangun pengetahuannya sendiri. Untuk menunjang pembelajaran yang demikian, diperlukan bahan ajar yang memadai dan sesuai kurikulum yang sedang berlaku. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang hasilnya berupa e-book interaktif pendekatan kurikulum 2013 mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah kelas XI AKL SMK Negeri 1 Lamongan. Model yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaiu define, design, development, dan dessiminate namun penelitian ini terbatas hanya pada tahap ke 3. Pengembangan ini menunjukkan hasil kelayakan isi sebesar 83,85% dengan kriteria “sangat layak”, kelayakan penyajian sebesar 80,00% dengan kriteria “layak”, kelayakan bahasa sebesar 87,70% dengan kriteria “sangat layak” dan kelayakan grafis sebesar 84,34% dengan kriteria “sangat layak”. Rata-rata ke-empat komponen tersebut adalah sebesar 84,34%. Rerata persentase respon peserta didik adalah sebesar 86,75% dengan kriteria “sangat memahami”. Kesimpulan penelitian ini adalah, e-book interaktif pendekatan kurikulum 2013 mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah “sangat layak” diterapkan dalam proses belajar mengajar.