PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERBANKAN SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROCH
Main Authors: | PRILIANDINI, AMANAH, , Rochmawati |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/18436 |
Daftar Isi:
- Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa mata pelajaran dasar-dasar perbankan sebagai pendukung pembelajaran berbasis scientific approach kelas XI akuntansi, mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D (define, design, develop, disseminate) menurut Thiagarajan sebagai metode pengembangan, namun dibatasi sampai tahap develop (pengembangan) saja. Komponen kelayakan yang digunakan pada penelitian ini adalah kelayakan issi, penyajian,, bahasa,, dan kegrafikan. Hasil penelitian LKS sebagai pendukung pembelajaran berbasis scientific approach didapatkan rata-raata kelayakan 85,8% dengan krteria “sangat layak” digunakan untuk proses belajar mengajar. Sedangkan hasil respon siswa didapatkan rata-rata 95% dengan krteria “sangat baik” digunakan dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Dasar-dasar Perbankan, Scientific Approach, Akuntansi