PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Main Authors: | RIANA SUSANTI, FITRAH, Wahjudi, Eko |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17134 |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran0yang0hanya memusatkan pada kognitif atau intelektual saja dan tanpa mengkombinasikan dengan0sisi0emosional dan spiritual0akan menghasilkan generasi yang mudah0putus0asa sehingga masih banyak0mahasiswa0yang0kurang0menyadari tugas0dan kewajibannya0sebagai0mahasiswa0yaitu0belajar. Rendahnya tingkat kecerdasan0emosional dan0spiritual pada mahasiswa menyebabkan mahasiswa kurang termotivasi dalam0belajar yang akan membuat0sulit untuk0berkonsentrasi sehingga0menyebabkan sulit0dalam memahami0suatu mata kuliah. Oleh karena itu diperlukan adanya kecerdasan emosional dan spiritual yang dapat0mendorong untuk0mencapai keberhasilannya dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap tingkat pemahaman akuntansi secara simultan maupun parsial pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2012 diambil sebagai responden dengan jumlah 80 mahasiswa. Kuesioner dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpilan data dalam penelitian ini. Hasil penelitian dari uji F menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual berpengaruh secara simultan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Hasil uji t menunjukkan (1) kecerdasan emosional berpengaruh secara parsial terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa dengan nilai t hitung 2,378 lebih besar dari t tabel 1,990 dengan nilai signifikansi 0,019<0,05; (2) kecerdasan spiritual tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa dengan nilai t hitung -0,699 lebih kecil dari t tabel 1,990 dan nilai signifikansi 0,487>0,05. Nilai Adjusted R Square sebesar 0.180 berarti bahwa 18% tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa dipengaruhi oleh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Kata Kunci: kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Pemahaman Akuntansi