PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA DIKLAT AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG
Main Authors: | MANDRANITIYA, WIKI, Susilowibowo, Joni |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17062 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian untuk memperoleh produk berupa Lembar Kerja Siswa sebagai bahan ajar pendukung implementasi pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada mata diklat akuntansi perusahaan dagang, untuk melihat tingkat kelayakan serta respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan yang disarankan oleh Thiagarajan yaitu 4-D. Namun pada penelitian ini menghilangkan salah satu tahap yaitu penyebaran karena keterbatasan waktu dan biaya. Penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam suatu proses pembelajaran berdasarkan komponen kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa dan kelayakan kegrafikan. Berdasarkan validasi para ahli dari seluruh komponen memperoleh rata-rata prosentase sebesar 96,38%. Sedangkan berdasarkan hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa LKS menurut respon siswa sangat baik dengan prosentase sebesar 96,50%. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Saintifik, Akuntansi Perusahaan Dagang.