PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS SCIENTIFIC APROACH PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN

Main Authors: KARINA EKA PUTRI, SHEILA, , Rochmawati
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) , 2016
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17040
Daftar Isi:
  • Lembar Kegiatan Siswa berbasis scientific approach  adalah Lembar Kegiatan Siswa yang berisi langkah pembelajaran menggunakan tahap 5M yaitu mengamati, menanya, mencari informasi, menalah dan mengkomunikasikan disetiap kegiatan pembelajarannya. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk Lembar Kegiatan Siswa berbasis scientific approach, guna mengetahui kelayakan dan respon siswa penelitian pengembangan ini menerapkan model pengembangan 4D, penelitian ini hanya sampai pengembangan. Data kualitatif dihasilkan oleh angket terbuka oleh para ahli. Kemudian data kuantitatif memperoleh dari validasi ahli dan angket respon siswa yang kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kegiatan Siswa berbasis scientific approach yang telah dikembangkan “sangat layak” digunakan dalam pembelajaran akuntansi keuangan berdasarkan komponen isi, penyajian, bahasa, kegrafikan dan kesesuaian dengan tahap saintifik. Dan respon siswa terhadap Lembar Kegiatan Siswa berbasis scientific approach adalah dengan kriteria sangat baik. Kata Kunci: Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Scientific Approach,  Akuntansi Keuangan.