PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA MATERI LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DAGANG

Main Authors: KIORO WATI, ENNY, Rohayati, Suci
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) , 2016
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/16963
Daftar Isi:
  • Kurikulum terbaru yang diterapkan oleh pemerintah adalah kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan saintifik. Pada kenyataannya pemerintah belum menyediakan bahan ajar yang sesuai, untuk itu dibutuhkan suatu bahan ajar yang sesuai dengan penerapan kurikulum terbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana proses pengembangan, kelayakan berdasarkan validasi para ahli, dan respon siswa terhadap Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang dikembangkan. Penelitian pengembangan LKS ini menerapkan pengembangan model ADDIE yaitu tahap analisis (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (develop), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Namun tahap evaluasi ini tidak dilakukan karena keterbatasan waktu, sehingga hanya dilakukan sampai tahap implementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi ahli materi mendapatkan skor sebesar 82,29%, validasi ahli bahasa sebesar 86,36%, validasi ahli grafis sebesar 94,44%, dan respon siswa sebesar 95,50%. Sehingga didapatkan skor akhir sebesar 89,65%, dengan kesimpulan bahwa LKS sebagai pendukung pembelajaran saintifik pada materi laporan keuangan perusahaan dagang sangat layak digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar.  Kata Kunci: Lembar Kegiatan Siswa, Pendekatan Saintifik, Laporan Keuangan Perusahaan Dagang