ANALISIS PENERAPAN ALAT EVALUASI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MAGETAN
Main Authors: | ALIYUDDIN FANANI, AHMAD, SUSILO WIBOWO, JONI |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/13195 |
Daftar Isi:
- Menyelenggarakan evaluasi baik merupakan bagian dari kompetensi yang harus dikuasai oleh setiap guru karena evaluasi merupakan bagian yang penting dalam suatu proses pembelajaran yang digunakan sebagai alat untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan pembelajaran . Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jenis alat evaluasi yang digunakan oleh guru akuntansi pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa kelas X smk Negeri 1 Magetan, untuk mengetahui tingkat kelayakan dan respon siswa dari alat evaluasi yang digunakan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif karena semua data yang diperoleh diwujudkan dalam bentuk angka-angka dan dianalisis dengan statistik menggunakan bantuan program Anates v.4 dan di interpretasikan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru akuntansi di SMK Negeri 1 Magetan untuk Ulangan Tengah Semester bentuk pilihan ganda dilihat dari aspek substansi, kontruksi, dan bahasa dikatakan layak dengan persentase 100% : 86,25% : 100%, sedangkan untuk soal bentuk Uraian juga dikatakan layak dengan persentase 100% : 62% : 100%. Dan untuk Ulangan Akhir Semester bentuk pilihan ganda juga dikatakan layak dengan persentase 94% : 85,34% : 100%. Namun analisis secara kuantitatif soal dikatakan tidak layak. Dari hasil respon siswa mengenai alat evaluasi yang digunakan oleh guru diketahui bahwa soal yang diberikan guru akuntansi sudah sesuai dengan materi pembelajaran yang mana soal tersebut juga sudah bagus dari segi bahasa dan petunjuk mengerjakan soal yang akhirnya soal tersebut mampu dikerjakan siswa tepat waktu. Kata Kunci: Alat Evaluasi, kelayakan, dan respon siswa