TINGKAT PRESTISE DAN PERSEPSI SISWA PADA CITRA SEKOLAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
Main Author: | Dhamayanti, Rima |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang
|
Online Access: |
http://journal.um.ac.id/index.php/jpa/article/view/3946 |
Daftar Isi:
- Abstract: The research aims to examine the effect of prestige and students perception of school image on students’ learning motivation. The sampling technique in this research is purposive random sampling. Students of SMK Ardjuna 1 Malang was choosen to be research sample. Data was collected by questionnaire and analyzed by multiple regression. Based on data analysis it can be concluded that there is no significant effect of student prestise on learning motivation, and there is a significant effect of students perception of school image on learning motivation. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tingkat prestise dan persepsi siswa pada citra sekolah terhadap motivasi belajar siswa.Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa jurusan akuntansi SMK Ardjuna 1 Malang yang berjumlah 130 siswa, dengan sampel sebesar 40 responden. Pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan tingkat prestise siswa terhadap motivasi belajar siswa. Selain itu juga dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa pada citra sekolah terhadap motivasi belajar siswa