Improved Learning Outcomes Of PLTV Students Through The Implementation Og Scientific Based Discovery Learning Model
Main Author: | Wijayati, Sukristiana Eko |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Balai Diklat Keagamaan Surabaya
, 2020
|
Online Access: |
https://bdksurabaya.e-journal.id/bdksurabaya/article/view/140 https://bdksurabaya.e-journal.id/bdksurabaya/article/view/140/68 |
Daftar Isi:
- Analisis awal memberikan gambaran bahwa pada pembelajaran matematika di SMK Negeri 1 Mojoanyarpemahaman materi persamaan linier tiga variabel (PLTV) masih rendah sehingga hasil belajar juga rendah,dan siswa pasif dalam pembelajaran. Hal tersebut terindikasi karena proses pembelajaran cenderung berpusatpada guru (teacher center), dan minimnya inovasi pembelajaran. Perbaikan pembelajaran yang dilakukanadalah melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model discovery learning berbasis saintifik.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kelas X DG 1 SMK Negeri 1 MojoanyarKabupaten Mojokerto pada materi PLTV. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus perbaikan yang meliputitahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan tindakan yang diberikan adalah menerapkanmodel discovery learning berbasis saintifik pada materi PLTV. Penelitian dilaksanakan pada bulan September2019 di kelas X DG 1 SMK Negeri 1 Mojoanyar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa [1] Keterlaksanaan RPPmenunjukkan bahwa RPP dapat terlaksana dengan baik, [2] Aktivitas siswa menunjukkan aktivitas berpusatpada siswa (student centered learning) dan siswa sangat antusias menyelesaikan tugas untuk mengkontrukpengetahuan sendiri, [3] Respon siswa setelah penerapan model discovery learning berbasis saintifikmenunjukkan respon positif, dan [4] Ketuntasan hasil belajar secara klasikal tercapai pada siklus keduadengan prosentase 90.91 %.