PENGGUNAAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI SMAN 15 PEKANBARU
Main Author: | Ermi, Netti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JP/article/view/4388 http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JP/article/view/4388/4204 |
Daftar Isi:
- Rendahnya nilai yang diperoleh siswa dalam mempelajari mata pelajaran sosiologi, penulisberkeinginan melakukan penelitian ini. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berpedomandengan Kunandar. Pelaksanaan dimulai dengan mempersiapkan perencanaan, pelaksanaan, tindakandan observasi, refleksi serta evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 15Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dengan mempergunakan observasi guru dan siswa, evaluasi.Teknik analisis data dilakukan dengan mengumpulkan hasil pengamatan di kelas dan hasil belajar. Pokokbahasan yang diteliti adalah masyarakat multikultural dan diharapkan siswa mampu menjelaskanpengertian multikultural, ciri-ciri multikultural, dan sifat-sifat masyarakat multikultural. Untuk itu digunakanmetode media lembar kerja siswa (LKS) dan diharapkan pula siswa aktif dan dapat meningkatkanhasil belajarnya. Pelaksanaan dilakukan sebanyak dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Pada pelaksanaantersebut dilakukan tes awal atau tesprasiklus siswa mendapat nilai 69,27 jumlah nilai 3048, hasilbelajar siklus pertama menjadi 79,00 dengan juml;ah nilai 3496, dan hasil belajar pada siklus kedua87,00 dengan jumlah nilai 6544. Untuk melihat ketuntasan pada setiap siklus, prasiklus hasil belajarsiswa yang tuntas mencapai nilai 14,29 % dan tidak tuntas sebesar 85,71; siklus pertama yang tuntas76,19 tidak tuntas 23,81 dan siklus kedua yang tuntas meningkat menjadi 100%.