PENERAPAN METODE JIGSAW DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI SUMBER KECAMATAN KARANGAN KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2016
Main Author: | -, Suroso |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/7533 https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/7533/6240 |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri Sumber Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek menunjukkan bahwa ditemukan kasus bahwa terdapat masalah di dalam pembelajaran yang diterapkan yaitu guru hanya menggunakan metode ceramah saja dan tidak pernah menggunakan metode-metode pembelajaran lainnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan dan menggunakan desain Kemmis dan McTaggart. Berdasarkan data hasil tes siklus 1 didapatkan rata-rata nilai kelas sebesar 57,89% hasil tes siklus 2 diperoleh rata-rata nilai kelas 89,47 %. Hasil rata-rata nilai kelas pada siklus 1 dan siklus 2 diketahui hasil belajar siswa pada ranah kognitif dengan menerapkan metode jigsaw meningkat sebesar 31,58 %.