KEEFEKTIFAN MODUL KOMIK TEMATIK BERBASIS MULTIPLE INTELEGENCE (MI) UNTUK SISWA KELAS V SD

Main Authors: Yasa, Arnelia Dwi, Chrisyarani, Denna Delawanti, Akbar, Sa’dun, Mudiono, Alif
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang , 2018
Subjects:
Online Access: https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/7148
https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/7148/6025
Daftar Isi:
  • Modul komik tematik berbasis MI memiliki kelebihan berupa pembelajaran tematik integratif yang dipadukan dengan MI. Modul dikembangkan untuk mengetahui danmengembangkan kecerdasan siswa. Teori MI yang diterapkan dalam pembelajaran tematik, dapat digunakan untuk mengaktifkan kecerdasan yang belum terlihat pada diri siswa. Pengembangan modul berbasis MI jarang ditemukan dilapangan. Modul yang digunakan di sekolah, menekankan pada aspek kognitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan modul komik tematik berbasis MI. Data keefektifan diperoleh dari rata-rata seluruh tes yang diberikan kepada siswa setelah menggunakan modul. Analisis data untu k penilaian berupa tes. Hasil kefektifan modul yang diujicobakan pada tujuh sekolah menunjukkan perolehan nilai dengan rata-rata keefektifan siswa sebesar 76,75, siswa mencapai mencapai skor ≥ 75. Prosentase ketuntasan modul 74% dapat dikatakan bahwa Modul Komik Tematik Berbasis MI Kelas V SD efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul komik tematik berbasis MI efektif.