Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT): Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa SD
Main Author: | Rohmanurmeta, Fauzatul Ma'rufah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/14086 https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/14086/pdf |
Daftar Isi:
- Penciptaan interaksi agar siswa aktif dapat dilakukan melalui model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SDN Nglayang 1 tahun 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan eksperimen sebagai metode penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 1 Nglayang dan SD Negeri 2 Nglayang kelas IV yang masing-masing berjumlah 22 dan 23 siswa. Dengan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga sampel berjumlah 45 siswa. Data hasil belajar tematik diperoleh dari teknik tes berupa pilihan ganda. Analisis data diuji menggunakan uji-t. Analisis selisih rata-rata diperoleh tobs = 6,77 α = 0,05 dan DK = {t | t <-2.07 atau t> 2.07}. Karena DK DK, H0 ditolak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar tematik