Kemampuan Representasi Piktorial Operasi Hitung Pecahan pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Main Author: Najwa, Wulida Arina
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang , 2020
Subjects:
Online Access: https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/11020
https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/11020/pdf
Daftar Isi:
  • Siswa sekolah dasar rata-rata berumur 7–12 tahun, berdasarkan teori Piaget termasuk dalam tahap operasional konkret. Siswa pada tahap tersebut lebih mudah memahami materi yang konkret, salah satunya menggunakan gambar. Mahasiswa calon guru sekolah dasar sudah seharusnya menguasai materi sekolah dasar berdasarkan tahap perkembangan siswanya. Salah satu materi sekolah dasar yang sering dianggap sulit adalah pecahan. Sehingga pembelajaran pecahan membutuhkan bantuan berupa gambar untuk memudahkan siswanya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang mendeskripsikan kemampuan representasi piktorial mahasiswa calon guru sekolah dasar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan representasi mahasiswa calon guru sekolah dasar sangat beragam. Tidak semua mampu merepresentasikan operasi hitung pecahan dengan tepat