PENGARUH KETERAMPILAN TIK TUTORIAL SEBAGAI REMEDIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Main Authors: Astiti, Ni Wayan Desi, Nyeneng, I Dewa Putu, Wahyudi, Ismu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pembelajaran Fisika , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/8471
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/8471/5222
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/downloadSuppFile/8471/921
Daftar Isi:
  • This research aimed to describe the influence of tutorial ICT skills for physics learning as remedial for students physics learning result. Experimental design used a form of Pre-Experimental Design with One Group Pre Test–Post Test Design type. The research was carried out by several procedures, they were: planning included a preliminary observation, implementation, testing of student ICT skills, collecting data, analyzing data, making conclusion, and making report. Remedial learning using tutorial ICT media could affect and enhance the learning activities. Based on the analysis results using regression equation, showed that there was the influence of tutorial ICT skills as a remedial for students learning resultsPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh keterampilan TIK tutorial sebagai remidial untuk pembelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa. Desain eksperimen menggunakan bentuk Pre-Eksperimental Design dengan tipe One Group Pre Test-Post Test Design. Penelitian dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu: perencanaan berupa observasi pendahuluan, pelaksanaan, uji coba tes keterampilan TIK siswa, pengumpulan data, analisis data, penarikan kesimpulan, dan penyusunan laporan. Pembelajaran remedial dengan menggunakan media TIK tutorial ternyata dapat mempengaruhi dan meningkatkan kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis menggunakan persamaan regresi menunjukkan bahwa ada pengaruh keterampilan TIK tutorial sebagai remedial terhadap hasil belajar siswa.Kata kunci: keterampilan TIK tutorial, pembelejaran dengan TIK tutorial, pembelajaran remedial.