PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF TIPE MULTIPLE RESPONE UNTUK MELATIH KEMAMPUAN EKSPLORASI FENOMENA FISIKA
Main Authors: | Sundari, Asih, Suyatna, Agus, Sesunan, Feriansyah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pembelajaran Fisika
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/8083 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/8083/4879 |
Daftar Isi:
- The aim of this research is to describe and determine the increasing of student’s understanding to the ability of exploration after interactive quizzes training Multiple Respone type. The procedure of development are: analysis of the needs and characteristics of the students, formulating learning goals, formulating particles of matter, drafting/script media, prepare evaluation instrument, expert validation, test and revision, and final products. The conclusion of this research is it has been produced an interactive quizzes and there is an increasing on the learning outcomes (understanding) on the ability of physics exploration phenomena with an increase normaly gain of 0.54 (medium classification).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan pemahaman terhadap kemampuan eksplorasi siswa setelah pelatihan kuis interaktif tipe Multiple Respone. Prosedur pengembangannya yaitu: analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, merumuskan tujuan pembelajaran, merumuskan butir-butir materi, menyusun naskah/draft media, menyusun instrumen evaluasi, validasi ahli, uji coba/tes dan revisi, dan produk akhir. Kesimpulan yang diperoleh adalah dihasilkan kuis interaktif dan terjadi peningkatan hasil belajar (pemahaman) kemampuan eksplorasi fenomena fisika siswa dengan perolehan peningkatan gain ternormalisasi sebesar 0,54 (klasifikasi gain sedang). Kata kunci: fenomena fisika, kemampuan eksplorasi, kuis interaktif, multiple respone