PENGEMBANGAN LKS DALAM PEMBELAJARAN SAINS BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN TERHADAP LINGKUNGAN

Main Authors: Meitikasari, Meitikasari, Rosidin, Undang, Wahyudi, Ismu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pembelajaran Fisika , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/5359
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/5359/3362
Daftar Isi:
  • The purpose of this research was to develop the Studentsâ€TM Work Sheet learning in science consist of divinity and love the environment. The Development of Studentsâ€TM Work Sheet started with an analysis of a necessity and identification resources, and continued with identification the specification of product. The internal and external test had been done after the product was developed. The result of internal test by master of material, and design was stated that the Development of Studentsâ€TM Work Sheet was proper as a learning media. The trial of product had been done on SMPN 1 Bandar Lampung at 7th grade. The result of external test to the student got the attractive score 3,55 (irresistable), easiness score 3,57 (really easy), and utility score 3,50 (very useful) of criteria of minimum competence (KKM) from knowledge, affective, and skilled, and itâ€TMs indicated that studentâ€TMs work sheet was effective.Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKS dalam pembelajaran sains bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan yang tervalidasi. Pengembangan LKS diawali dengan analisis kebutuhan dan identifikasi sumber daya, kemudian dilanjutkan dengan indentifikasi spesifikasi produk yang dikembangkan. Setelah produk dikembangkan dilakukan uji internal dan eksternal. Hasil uji internal oleh ahli materi, dan ahli desain dinyatakan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Uji coba produk dilakukan pada SMPN 1 Bandar Lampung kelas VII. Hasil uji eksternal oleh siswa diperoleh skor kemenarikan 3,55 (sangat menarik), skor kemudahan 3,57 (sangat mudah), dan skor kemanfaatan 3,50 (sangat bermanfaat). Hasil belajar siswa diperoleh sebesar 83,70% tuntas KKM dari aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan, menunjukan bahwa LKS efektif.Kata kunci: LKS pembelajaran sains, nilai kecintaan terhadap lingkungan, nilai ketuhanan