PENGEMBANGAN BUKU SISWA DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBASIS MULTIREPRESENTASI MATERI IMPULS DAN MOMENTUM

Main Authors: Prasetyo, Tofan Adi, Maharta, Nengah, Viyanti, Viyanti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pembelajaran Fisika , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/4768
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/4768/2946
Daftar Isi:
  • Nowadays, the students' book only emphasize its mathematical representation without being inserted appropiate approach in learning process whereas physics needs science essence in its learning process which is not only focus on math solving but also focus on concept comprehension. The purpose of this research was to produce the students' book with scientific approach and base of multirepresentation in impulse and momentum for senior high school which has been developed to be interested, easy, useful and effective to be used as learning resources. The method of this research used research and development method. The research had been done for the students grade X of SMA Paramarta had showed that the product was interested, easy, useful and effective as learning resources.Selama ini buku siswa fisika yang ada cenderung hanya menekankan representasi matematis saja tanpa disisipkan pendekatan yang sesuai dengan proses pembelajaran, padahal fisika merupakan cabang ilmu yang menuntut proses pembelajaranya sesuai dengan hakikat IPA yang tidak hanya berpusat pada penyelesaian masalah matematis tetapi juga pemahaman konsep yang baik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa buku siswa dengan pendekatan scientific berbasis multirepresentasi materi impuls dan momentum untuk siswa SMA yang dikembangkan secara menarik, mudah, bermanfaat dan efektif sebagai sumber belajar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil uji coba produk yang ditujukan kepada siswa kelas X SMA Paramarta menunjukkan bahwa produk menarik, mudah digunakan, bermanfaat, dan dinyatakan efektif sebagai sumber pembelajaranKata kunci: buku siswa, multirepresentasi, pendekatan scientific.