PENGEMBANGAN BUKU SISWA DALAM PEMBELAJARAN SAINS BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN LINGKUNGAN

Main Authors: Pertiwi, Ratri Sekar, Rosidin, Undang, Wahyudi, Ismu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pembelajaran Fisika , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/4393
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/4393/2715
Daftar Isi:
  • In accordance with the concept of 2013 curriculum, student book used in learning strengthened the competence of the students knowledges, skills, and characters. The research was to develop the student book in science learning divinity and love for the environment the value contents. The development began with the analysis and identification of resource requirements. Furthermore, the identification of the product specification was developed, then product development. Internal expert judgement, stated that the product good as a medium of learning. External user judgement, stated that the student book was attractive in a good quality with a score of 3.25; in a very good quality ease with score 3.36; and a very good quality usefulness with a score of 3.46; and effectively used in learning the percentage of student learning outcomes by 80% completed the KKM.Sesuai dengan konsep kurikulum 2013, buku siswa digunakan dalam pembelajaran untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan karakter. Telah dilakukan penelitian untuk mengembangkan buku siswa dalam pembelajaran sains bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan. Pengembangan diawali dengan analisis kebutuhan dan identifikasi sumber daya. Selanjutnya dilakukan identifikasi spesifikasi produk yang akan dikembangkan, kemudian dilakukan pengembangan produk. Uji internal oleh ahli, dinyatakan bahwa produk layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Uji eksternal oleh pengguna, dinyatakan bahwa buku siswa memiliki kualitas kemenarikan baik dengan skor 3,25; kualitas kemudahan sangat baik dengan skor 3,36; dan kualitas kebermanfaatan sangat baik dengan skor 3,46; serta efektif digunakan dalam pembelajaran dengan persentase hasil belajar siswa sebesar 80% tuntas KKM.Kata kunci: buku siswa, nilai kecintaan lingkungan, nilai ketuhanan