PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN SAINS BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN TERHADAP LINGKUNGAN

Main Authors: Paulina, Paulina, Rosidin, Undang, Ertikanto, Chandra
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pembelajaran Fisika , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/4297
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/4297/2628
Daftar Isi:
  • The purpose of the research is to create assessment instruments divinity value-laden science learning and love for the environment and to find out the effectiveness of the instruments. The product is an affective assessment to measure studentsâ€TM affective aspects in KI-1 and KI-2 based on curriculum 2013. This research used research and development method. The subject of this research is studentsâ€TM from the class VII-3 of SMPN 1 Bandar Lampung year 2013/2014. The results of the research showed that assessment instruments divinity value-laden science learning and love of the environment as feasible and effective to use as an assessment instruments.Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian pembelajaran sains bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan serta mengetahui efektifitas instrumen penilaian yang dihasilkan. Produk yang dihasilkan berupa perangkat penilaian afektif untuk mengukur aspek afektif siswa yang terdapat pada KI-1 dan KI-2 sesuai kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode research and development. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMPN 1 Bandar Lampung tahun ajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian pembelajaran sains bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan ini dinyatakan layak dan efektif digunakan sebagai instrumen penilaian.Kata kunci: instrumen penilaian, muatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan, pengembangan