PEMANFAATAN MEDIA TIK SIMULASI SEBAGAI SUPLEMEN DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN ALAT UKUR DI SMP

Main Authors: Budi Utami, Purwanti, Suyatna, Agus, Viyanti, Viyanti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pembelajaran Fisika , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/3670
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/3670/2260
Daftar Isi:
  • The purpose this reaserach is: to determine the increase in cognitive learning outcomes of students, to grow the students Science Process Skills, to form the character of students, to improve activities of the students, grow the attitudes of students who the use of simulation ICT media as supplement to demonstrate on measuring instruments. Research has been done in the first semester of 2013/2014 in SMP Negeri 1 Belalau, West Lampung. The population is every students of class VII while the samples were class VII A of 24 students. The research design used is a One-Shot Case Study.The results is use the simulation ICT media as supplement to demonstrate on measuring instruments are increase in cognitive learning outcomes of students, to grow the science process skills of the students, form the character of the students, to improve the activities of the students, and grow a positive attitudes of students.Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan hasil belajar ranah kognitif, menumbuhkan KPS, membentuk karakter, mengembangkan aktivitas, menumbuhkan sikap siswa terhadap pemanfaatan media TIK simulasi sebagai suplemen demonstrasi pada pembelajaran alat ukur. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 di SMP Negeri 1 Belalau, Lampung Barat. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII sedangkan sampel yaitu kelas VII A dengan jumlah 24 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan memilih 1 kelas secara random dari 6 kelas yang ada. Hasil penelitian menggunakan media TIK simulasi sebagai suplemen demonstrasi pada pembelajaran alat ukur terdapat peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa, dapat menumbuhkan KPS siswa, dapat membentuk karakter siswa, dapat mengembangkan aktivitas siswa, dan dapat menumbuhkan sikap positif siswa.Kata kunci:Â aktivitas, karakter, keterampilan proses sains, media TIK simulasi, suplemen demonstrasi