Membangun Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui LKPD Berbasis Scientific Approach Materi Elastisitas dan Hukum Hooke: Penelitian Pendahuluan
Main Authors: | Lestari, Tri, Nyeneng, I Dewa Putu, Herlina, Kartini |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pembelajaran Fisika
, 2019
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/17450 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/17450/12425 |
Daftar Isi:
- The purpose of this research is to analyze teacher and students' needs for supporting learning media as students worksheet and to offer students a worksheet scientific approach based on what character students creative thinking skills. This development research uses the development model of Borg and Gall with ten main steps development. But this development research was done until third steps that are product design because of limited time. The result of this preliminary research is physics teacher of SMK Negeri 1 Terusan Nunyai Lampung Tengah stated to really need students worksheet as supporting learning media in learning activities with percentage 89,29%, 34 students stated to need students worksheet as supporting learning media in learning activities with percentage 75%, and students worksheet design what might use to building students skills is students worksheet scientific approach based what character students creative thinking skills with 5 steps learning (observe, ask, do experiment, reasoning, communicating) and creative thinking indicator as problem sensitivity, fluency, flexibility, originality, and elaboration.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan pendidik dan peserta didik akan adanya media penunjang kegiatan pembelajaran berupa LKPD, dan menawarkan desain rancangan LKPD yang berbasis scientific approach berkarakter keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang memuat 10 langkah pokok penelitian pengembangan. Namun, pada penelitian pengembangan ini hanya dibatasi sampai langkah ketiga yaitu desain produk karena keterbatasan waktu. Hasil penelitian ini adalah guru Fisika di SMK Negeri 1 Terusan Nunyai Lampung Tengah menyatakan sangat memerlukan adanya LKPD sebagai media penunjang dalam kegiatan pembelajaran dengan presentase 89,29%, sebanyak 34 siswa menyatakan perlu adanya LKPD sebagai media penunjang dalam kegiatan pembelajaran dengan presentase 75%, dan desain LKPD yang mungkin dapat digunakan untuk membangun keterampilan siswa adalah LKPD berbasis pendekatan ilmiah (scientific approach) berkarakter keterampilan berpikir kreatif yang memuat langkah pembelajaran 5M (mengamati, menanya, melakukan eksperimen, menalar, mengomunikasi) dan indikator keterampilan berpikir kreatif yang meliputi kepekaan (problem sensitivity), kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration).Kata kunci: keterampilan berpikir kreatif, LKPD, Scientific Approach