PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNITIF TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Main Authors: | Mustaqim, Sandy Budi, Abdurrahman, Abdurrahman, Viyanti, Viyanti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pembelajaran Fisika
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/1685 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/1685/1021 |
Daftar Isi:
- In general, students still feel that physics is a subject that is considered difficult, indirectly it will hinder the development of students' metacognitive. Resulting in low motivation and learning outcomes. This study aimed to determine the effect of metacognitive skills on motivation and learning outcomes using the model of PBL. research design used was a one-group pretest-posttest. Results of this study indicate that there are significant metacognitive skills on motivation to learn by 22%. In addition the results showed there are significant metacognitive skills on learning outcomes by 27%.Pada umumnya siswa masih merasa bahwa pelajaran fisika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit, secara tidak langsung ini akan menghambat perkembangan metakognitif siswa. Sehingga mengakibatkan motivasi dan hasil belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan metakognitif terhadap motivasi dan hasil belajar dengan menggunakan model PBL. desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keterampilan metakognitif terhadap motivasi belajar sebesar 22%. Selain itu hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar sebesar 27%.Kata kunci: keterampilan metakognitif, model problem based learning (PBL), hasil belajar, motivasi belajar