PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATERI GAYA ANTARA TEKNIK PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MAKE A MATCH

Main Authors: Yulistina, Yulistina, Rosidin, Undang, Nyeneng, I Dewa Putu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pembelajaran Fisika , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/1667
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/1667/1009
Daftar Isi:
  • Learning process should be concerned to the students and didnâ€TMt set a teacher as the only one studentsâ€TM learning source. This research compared the mean difference of studentsâ€TM physics among talking stick learning technique and make a match learning technique. The objective of this study were to investigate the mean difference of learning achievement among talking stick learning technique and make a match learning technique and to find the class which got the higher learning achievement among the implementation of talking stick learning technique and make a match. This reserach used experiment design as research design with one-shot case study type. The research showed that there is the mean difference of studentsâ€TM learning achievement by using cooperative teaching learning model among talking stick learning technique and make a match learning technique.Proses pembelajaran seharusnya berpusat pada siswa dan tidak lagi menempatkan guru sebagai satu-satunya sumber belajar siswa. Penelitian ini membandingkan hasil belajar fisika siswa antara teknik pembelajaran talking stick dengan make a match. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar antara teknik pembelajaran talking stick dengan teknik pembelajaran make a match dan mengetahui kelas mana yang memperoleh hasil belajar lebih tinggi antara penggunaan teknik pembelajaran talking stick dengan make a match. Penelitian ini menggunakan desain penelitian menggunakan bentuk Eksperimen Design dengan tipe One-Shot Case Study. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif antara teknik pembelajaran Talking Stick dengan teknik pembelajaran make a match.Kata kunci: teknik pembelajaran talking stick, teknik pembelajaran make a match, hasil belajar