Pengembangan Buku Elektronik Inti Atom Sebagai Bahan Ajar Mandiri untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Main Authors: | Santi, Ni Wayan, Suyatna, Agus, Suyanto, Eko |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pembelajaran Fisika
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/16156 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/16156/11650 |
Daftar Isi:
- This study aims to develop an interactive electronic school book based on the Learning Content Development System (LCDS). The material developed is the atomic nucleus. This research method is research and development. Stages in this development include identification of potentials and problems, collecting the information, design product, design validation, design improvements, and product trials. Interactive electronic school books have supporting content ie, user manual, study manual, video, animation, simulations, and interactive tests. Experimental product test results consisting of a design expert test with a score of 3.55 (very appropriate) and a test of material experts with a score of 3.50 (very appropriate). Readability and ease of operation electronic school book interactive atomic nucleus based LCDS are very well developed with scores of 3.62 and 3.70. That means an interactive electronic school book of atomic nucleus can be operated independently. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku sekolah elektronik interaktif (BSEI) berbasis Learning Content Development System (LCDS). Materi yang dikembangkan yaitu inti atom. Metode penelitian ini yaitu research and development. Tahapan dalam pengembangan ini meliputi identifikasi potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, dan uji coba produk. Buku Sekolah Elektronik Interaktif memiliki konten penunjang yaitu, petunjuk penggunaan, petunjuk belajar, video, animasi, simulasi, dan tes interaktif. Hasil uji ahli produk yang terdiri dari uji ahli desain dengan skor 3,55 (sangat layak) dan uji ahli materi dengan skor 3,50 (sangat layak). Keterbacaan dan kemudahan dioperasikan buku sekolah elektronik interaktif Inti Atom berbasis LCDS yang dikembangkan sangat baik dengan skor 3,62 dan 3,70. Hal tersebut berarti buku sekolah elektronik interatif inti atom dapat dioperasikan secara mandiri.Kata kunci:bahan ajar mandiri, Berpikir Kritis, buku sekolah elekronik (bse), interaktif, lcds.