Pengembangan LKPD Berbasis POE untuk Pembelajaran Fisika Materi Momentum dan Impuls SMA

Main Authors: Permatasari, Bella, Nyeneng, I Dewa Putu, Wahyudi, Ismu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pembelajaran Fisika , 2018
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/15461
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/15461/11356
Daftar Isi:
  • Learning model supported by good learning media is needed to improve the effectiveness of momentum and impulse learning material. The aim of this research were to develop student worksheet based on POE for high school impulse and momentum material that are validated. This study uses the ADDIE development model, which starts with need analysis, then designs develop and validation tests and implementation to find out the attractiveness, easiness, usefulness, and effectiveness of the product. The results show that student worksheet validated (89,11), very interesting (3,40), very easy to use (3,28), useful (3,10) and proven effective use in the learning shown by 82,75% of student reached the standard of minimum score.Model pembelajaran yang didukung dengan media pembelajaran yang baik sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis POE untuk pembelajaran fisika materi momentum dan impuls SMA yang tervalidasi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang dimulai dengan menganalisis kebutuhan dan kurikulum, kemudian membuat desain LKPD, mengembangkan, melakukan uji validasi, dan melakukan uji coba pemakaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan telah tervalidasi (89,11), sangat menarik (3,40), sangat mudah digunakan (3,28), bermanfaat (3,10) dan terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran yang ditunjukkan dengan 82,75 % siswa telah mencapai KKM.Kata kunci: ADDIE, LKPD, momentum dan impuls, pengembangan, POE.