Pengaruh Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi

Main Authors: Agustina, Melisa, Sesunan, Feriyansyah, Ertikanto, Chandra
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pembelajaran Fisika , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/13854
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/13854/10027
Daftar Isi:
  • This research aimed to find the influence of interactive Macromedia Flash based teaching media implementation toward learning outcome. The research samples are X IPA 5 class and X IPA 6 class students in SMA Al-Azhar 3 Bandarlampung. This research was done by using Non Equivalent Control Group Design. The data were tested by normality test, homogeneity test, and Independent Sample T-Test. The Independent Sample T-Test’s result got Sig. (2-Tailed) value less than 0,05, that is 0,03, so there’re influence from interactive macromedia flash based teaching media implementation toward learning outcome. According to the learning outcome average value, the experiment class earn the average value of learning outcome higher than the control class, so the learning outcome from learn with interactive Macromedia Flash based teaching media is higher than learn with conventional media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 5 dan X IPA 6 SMA Al-Azhar 3 Bandarlampung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Non Equivalent Control Group Design. Data diuji dengan analisis uji normalitas, uji homogenitas, dan Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada rata-rata hasil belajar siswa antara pembelajaran menggunakan dengan tidak menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash pada materi hukum Newton tentang gravitasi. Terdapat peningkatan pada rata-rata hasil belajar setelah pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash. Kata kunci: Media, Interaktif Pembelajaran, Macromedia Flash, Hasil Belajar