PENGEMBANGAN MODUL KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI
Main Authors: | Fatmala, Nurul Etiya, Nyeneng, I Dewa Putu, Suana, Wayan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pembelajaran Fisika
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/13141 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/13141/9439 |
Daftar Isi:
- The objective of this research development is to : (1) produce multiple representation contextual teaching module of gravity in newton’s law, and (2) to know the attractiveness, convenience, benefit and effectiveness of learning module. The procedur of development include requirements potential and problems, information gathering, product design, product validation, design revisions, product testing, product revisions, trial usage, product revisions. The results showed that the learning module is very interesting with a score of 3.46, very easy with a score of 3.42, and useful with a score of 3.10. In the test of effectiveness obtained result of N-gain value is 0,53 (medium). Based on the results of research, it can be concluded that multiple representation contextual teaching module representing Newton's Law material about Gravity has proven effective to use as teaching material.Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul pembelajaran kontekstual berbasis multirepresentasi pada materi Hukum Newton tentang gravitasi, dan (2) mengetahui kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan serta keefektifan modul pembelajaran. Tahapan pengembangan meliputi potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi produk, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran sangat menarik dengan skor 3,46, sangat mudah dengan skor 3,42, dan bermanfaat dengan skor 3,10. Pada uji keefektifan produk diperoleh hasil nilai N-gain yaitu 0,53 (sedang). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka disimpulkan bahwa modul pembelajaran kontekstual berbasis multirepresentasi pada materi Hukum Newton tentang Gravitasi telah teruji efektif digunakan sebagai bahan ajar.Kata Kunci: Hukum Newton tentang Gravitasi, Modul Pembelajaran, Multirepresentasi, Pembelajaran Kontekstual, Pengembangan