PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS LCDS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Main Authors: Simamora, Fince Grasella, Ertikanto, Chandra, Wahyudi, Ismu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pembelajaran Fisika , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/13023
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/13023/9319
Daftar Isi:
  • This study aims to know the effect from using of learning modules based Learning Content Development System (LCDS) on the student learning results and how the understanding of concepts students after using the module.The study non-equivalent control group design is used in the research has been conducted in SMAN 13 Bandarlampung, and Independent Sample T-test for the data analysis. The participant in the research is students in class X MIPA 3 as the experimental class and X MIPA 4 as the control class. The result of this study indicated learning be use modules based LCDS has a significant impact on student learning results, showed by distinction the average N-gain of the experiment class 0,55 and control class 0,45. Based on analysis CRI result provided categories of students who know the concepts are 7,66%.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul berbasis Learning Content Development System (LCDS) terhadap hasil belajar siswa dan mengetahui pemahaman konsep siswa setelah menggunakan modul tersebut. Studi non-equivalent control group design digunakan dalam penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 13 Bandarlampung, serta analisis data menggunakan uji Independent Sample T-test. Peserta dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul berbasis LCDS memiliki penguruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata N-gain kelas eksperimen 0,55 dan kelas kontrol 0,45. Berdasarkan hasil analisis CRI, diperoleh kategori siswa yang tahu konsep sebesar 71,66%.Kata kunci: LCDS, Modul, Hukum Newton tentang Gravitasi, Pemahaman Konsep.