PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING
Main Authors: | Wati, Rahma, Nyeneng, I Dewa Putu, Suyanto, Eko |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pembelajaran Fisika
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/12304 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/12304/8781 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/downloadSuppFile/12304/1745 |
Daftar Isi:
- This research aim to know whether there is learning interest the influence of the learning outcomes of physic on guided inquiry learning model. The research was conducted in SMA Negeri 1 Punduh Pedada, in the second semester, academic year 2016/2017, with a class XI IPA 1 as an experimental class or sample class. Based on analysis of research data, the obtained result of analysis of variance to test the effect of interest in studying the physic learning outcomes with a probability value of 0,00. The result of the analysis indicate that there is significant interest in learning the learning outcomes of physic on guided inquiry learning model with the contribution of interest in learning the learning outcomes of physic which amounted to 77%.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar fisika pada model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Punduh Pedada, pada semester genap, tahun pelajaran 2016/2017, dengan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen atau kelas sampel. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh hasil analisis varian untuk menguji pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar fisika dengan nilai probabilitas sebesar 0,00. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar fisika pada model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan konstribusi minat belajar fisika yakni sebesar 77%. Kata Kunci: Hasil Belajar,Minat Belajar,Model Inkuiri Terbimbing