PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Main Authors: Maharani, Lucia Dewanti, Maharta, Nengah, Sesunan, Feriansyah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pembelajaran Fisika , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/11594
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/11594/8256
Daftar Isi:
  • The aim of this study were to (1) grow students' critical thinking ability by implementing problem based learning model, and (2) describe the application of problem based learning model in an experiment class. The design of this research used non-equivalent control group design. The results showed that (1) problem based learning model had grown students' critical thinking ability, which was proven by the experiment and control class obtained N-gain 0.71 (high category) and 0.55 (medium category), and (2) problem based learning model has been applied in average score 3.82 (good category). Penelitian ini bertujuan untuk (1) menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah, dan (2) mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada kelas eksperimen. Desain penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran berbasis masalah mampu menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa terbukti pada kelas eksperimen diperoleh skor N-gain 0.71 dengan kategori tinggi sementara pada kelas kontrol skor N-gain 0.55 dengan kategori sedang, dan (2) model pembelajaran berbasis masalah terlaksana dengan rata-rata nilai sebesar 3.82 (terlaksana dengan kategori baik). Kata kunci: model pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah, berpikir kritis.