HUBUNGAN ANTARA KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DENGAN PSYCHOLOGICAL WELLBEING PADA GURU

Main Authors: Briankusuma, Gery Desrama, Izzati, Umi Anugerah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2022
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/47001
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/47001/39364
Daftar Isi:
  • AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas kehidupan kerja dengan psychological well-beingpada guru. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Pengambilan jumlahsampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan menggunakan 44 guru. Teknik pengumpulan datadalam penelitian ini menggunakan skala yang terdiri dari skala kualitas kehidupan kerja dan skala psychological wellbeing.Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan uji korelasi product moment dengan menggunakansoftware SPSS 25.0 for windows. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan terdapat hubungan antara kualitaskehidupan kerja dengan psychological well-being pada guru. Hasil ini dibuktikan dari taraf signifikansi sebesar 0.000(p<0.05) dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,813. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapathubungan yang signifikan dan positif antara kualitas kehidupan kerja dengan psychological well-being pada guru. Hal inimenunjukkan jika semakin tinggi kualitas kehidupan kerja, maka akan semakin tinggi juga psychological well-being padasekolah tersebut. Begitupun sebaliknya, jika semakin rendah kualitas kehidupan kerja makan semakin rendah jugapsychological well-being.Kata Kunci: kualitas kehidupan kerja, psychological well-being, guruAbstractThis study aims to determine the relationship between the quality of work life with psychological well-being of teachers.The method in this study uses correlational quantitative research methods. Taking the number of samples in this studyusing a saturated sample technique using 44 teachers. The data collection technique in this study used a scale consistingof a quality of work life scale and a scale of psychological well-being. The research data obtained were analyzed using theproduct moment correlation test using SPSS 25.0 software for windows. The results of the analysis of the data obtainedshow that there is a relationship between the quality of work life and the psychological well-being of teachers. This resultis evidenced by the significance level of 0.000 (p <0.05) with a correlation coefficient of 0.813. Based on these results, itcan be concluded that there is a significant and positive relationship between the quality of work life and the psychologicalwell-being of teachers. This shows that the higher the quality of work life, the higher the psychological well-being at theschool. On the other hand, the lower the quality of work life, the lower the psychological well-being.Keyword: quality of work life, psychological well-being, teachers