Factor-faktor yang berhubungan dengan peran perawat sebagai educator pada pasien rawat inap di RS Premier Jatinegara Jakarta
Daftar Isi:
- Latar Belakang: Perawat memiliki peran pokok sebagai perawat edukator yaitu Peran perawat sebagai pendidik membantu klien dalam meningkatkan tingkat pengetahuan kesehatan, gejala penyakit bahkan tindakan yang diberikan sehingga terjadi perubahan perilaku dari klien setelah dilakukan pendidikan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan peran perawat sebagai edukator di ruang rawat inap RS Premier Jatinegara. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non eksperimental, dengan desain penelitian cross sectional. Keabsahan dan uji reliabilitas menggunakan Pearson Product Moment dan uji Cronbach Alpha. Analisis data menggunakan uji t independen dan juga menggunakan uji chi –square. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa korelasi yang tidak signifikan antara karakteristik perawat(jenis kelamin, usia, pendidikan, dan lama kerja) dengan peran perawat sebagai edukator. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada yang signifikan antara pengetahuan dengan peran perawat sebagai edukator dengan nilai p 0,918 (α > 0,1) dan tidak ada hubungan yang bermakna antara sikap dengan peran perawat sebagai edukator yaitu dengan nilai p 0,339 (p > 0,05). Saran : pemahaman perawat tentang pendidikan kesehatan sudah sesuai dengan teori yang ada. Perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi pelatihan-pelatihan secara berkesinambungan baik internal dan eksternal, untuk meningkatkan peran perawat sebagai edukator.