Hubungan karakteristik anak, dukungan keluarga dengan kemandirian personal hygiene anak tunagrahita di SLB Kembar Karya Pembangunan III Kota Bekasi
Daftar Isi:
- Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki tumbuh kembang yang berbeda dengan anak normal lainnya dan tingkat kecerdasan dapat di ukur dengan Intelligentie Quotient (IQ). Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan karakteristik anak, dukungan keluarga dengan kemandirian personal hygiene anak tunagrahita di SLB Kembar Karya Pembangunan III Kota Bekasi. Waktu pengumpulan data dilakukan bulan Februari – Maret 2020. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu ibu yang memiliki anak tunagrahita pada anak SLB Kembar Karya Pembangunan III Kota Bekasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 39 responden yang diambil dengan total sampling. Alat pengumpulan data penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner, analisa univariat menggunakan distribusi frekuensi dan analisa bivariat menggunakan uji Chi Square dengan ketentuan p value < 0,05. Hasil penelitian menyatakan ketidak mandirian personal hygiene anak tunagrahita 35,9%. Tidak ada hubungan yang bermakna antara usia p value=0,475, jenis kelamin p value=0,584, dukungan informasional p value=0,754, dukungan emosional p value=0,986 dan kemandirian personal hygiene anak tunagrahita. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar orang tua yang memiliki anak tunagrahita dapat terus memberikan dukungan keluarga seperti pelatihan khusus dalam melatih kemandirian personal hygiene anak tunagrahita.