Hubungan Antara Strategi Koping Dan Tingkat Kecemasan Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa STIK SINT CAROLUS
Daftar Isi:
- Cemas merupakan keadaan normal yang terjadi pada setiap orang apabila seseorang tersebut dalam situasi yang mengancam. Salah satu penyebab kecemasan pada mahasiswa adalah kecemasan akan prestasi belajar. Mahasiswa akan melakukan upaya untuk menangani situasi tersebut dengan strategi koping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara strategi koping dan kecemasan dengan prestasi belajar pada mahasiswa STIK Sint Carolus. Metode penelitian kuantitatifsecara cross sectional. Pengambilan data dengan memberikan kuesioner A-COPE dan STAI kepada responden. Penelitian dilakukan pada Februari 2017 dengan jumlah responden sebanyak 56 responden. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas mahasiswa menggunakan strategi koping berfokus pada masalah (80,4%), tingkat kecemasan sedang (85,7%), sifat kecemasan sedang (85,7%), dan IPK memuaskan (69,6%). Hasil penelitian analisis bivariat menggunakan uji chi square dan kendall tau b. Hasilnya tidak ada hubungan antara strategi koping dengan tingkat kecemasan (p-value 0,320), strategi koping dengan sifat kecemasan (p-value 0,678), strategi koping dengan prestasi belajar (p-value 0,091), tingkat kecemasan dengan prestasi belajar (p-value 0,526) dan sifat kecemasan dengan prestasi belajar (p-value 0,535).