Daftar Isi:
  • Peran perawat sangat penting dalam edukasi pasien untuk persiapan kemoterapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas pendidikan kesehatan terhadap perubahan tingkat pengetahuan perawat tentang kemoterapi di RS X Jakarta. Sample yang digunakan adalah semua perawat yang ada diruang medikal bedah dewasa sebanyak 70 responden dengan tehnik total sampling. Desain peneitian ini adalah quasi eksperimen dengan One group pre – post test. Alat pengumpulan data berupa kuesioner terdiri dari 24 item pernyataan. 24item pertanyaan dengan nilai nilai r tabel 0,2325, alpha cronbach 0,931. Hasil penelitian diperoleh karakteristik responden berdasarkan usia sebanyak 71,4% responden usia awal 24- 35 tahun, 41,4% adalah responden masa kerja mayoritas ≥ 5 tahun, 87,1% adalah responden tingkat pendidikan mayoritas DIII keperawatan dan ada perbedaan tingkat pengetahuan prepost intervensi sebelum dilakukan pendidikan kesehatan 65,7% setalah dilakukan pendidikan kesehatan meningkat menjadi 98,6%. Hasil analisis dengan uji wilcoxon menunjukkan pendidikan kesehatan efektif dalam peningkatan pengetahuan perawat tentanf kemoterapi (nilai p 0,000<0,05). Saran kemoterapi diberikan oleh perawat yang sudah memiliki kompetensi.