Hubungan Antara Tarif Dan Ikatan Emosional Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan Di Rumah Sakit Katolik Budi Rahayu Blitar
Daftar Isi:
- Kesesuaian tarif dan ikatan emosional merupakan tolok ukur dalam mengetahui kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara tarif dan ikatan emosional dengan kepuasan mutu pelayanan keperawatan di RSK Budi Rahayu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel berjumlah 136 responden dengan teknik purposive sampling, pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil analisis univariat diperoleh 60.7% responden menyatakan tarif sesuai, 72.6% responden menyatakan terikat dan 51.1% responden menyatakan puas dengan mutu pelayanan. Hasil analisis bivariat, ada hubungan kesesuaian tarif dengan kepuasan mutu pelayanan keperawatan (p value = 0,000), terdapat hubungan ikatan emosional dengan kepuasan mutu pelayan keperawatan (p value = 0,008). Diharapkan rumah sakit dapat mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan keperawatan secara terus menerus.