Daftar Isi:
  • Abstrak Perkembangan anak usia pra sekolah dipengaruhi oleh hal yang penting yaitu stimulasi dini. Stimulasi bergantung pada orang-orang di sekitar anak yaitu orang tua dan lingkungan keluarga, khususnya ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik dan pengetahuan ibu tentang stimulasi dini dengan perkembangan anak usia pra sekolah. Metode penelitian kuantitatif, desain cross sectional study. Pengambilan sampel secara total samping yaitu 74 responden, serta digunakan uji statistik Chi-square dan Kendall’s Tau-c. Analisa univariat mayoritas distribusi usia ibu 26-35 tahun 66,2%, pendidikan SMA/SMK/MA/sederajat 56,8%, Ibu Rumah Tangga (IRT) 58,1%, jumlah anak 2 orang 43,2%, penghasilan dibawah UMP 43,2%, pengetahuan baik 93,2%, perkembangan anak sesuai 78,4%. Analisa bivariat ada hubungan pengetahuan ibu dan perkembangan anak (p=0,022<0,05), ada hubungan pekerjaan ibu dengan perkembangan anak (p=0,029<0,05). Pengetahuan ibu yang baik penting dalam pemberian stimulasi dini kepada anak, begitu pun faktor lain seperti pekerjaan ibu. Disarankan agar melakukan penyuluhan tentang stimulasi dini untuk meningkatkan pengetahuan ibu. Kata kunci: pengetahuan, stimulasi, perkembangan, kpsp Daftar pustaka: 13 buku, 19 jurnal, 4 artikel (2009-2017)