Faktor-faktor yang berhubungan dengan keberhasilan pemasangan infus pada perawat baru di RS Mitra Keluarga
Daftar Isi:
- Salah satu tindakan kolaborasi yang dilakukan oleh perawat baru adalah memasang infus. Clinical Mentor memiliki peran dalam memilih metode pembelajaran yang efektif saat membimbing perawat baru agar tidak terjadi kegagalan saat memasang infus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, motivasi, pengalaman praktek saat mahasiswa, sikap percaya diri, peran clinical mentor, metode pembelajaran yang digunakan clinical mentor dengan keberhasilan pemasangan infus pada perawat baru. Jenis penelitian kuantitatif correlational dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 90 orang perawat baru ≤ 1 tahun menggunakan metode purposive sampling. Hasil analisis uji statistic Chi Square menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara motivasi (p= 0,000), pengalaman praktek mahasiswa (p=0,006), percaya diri (p= 0,000), peran Clinical Mentor (p=0,004), metode pembelajaran yang digunakan oleh Clinical Mentor (p=0,047) dengan keberhasilan pemasangan infus, dan tidak didapatkan hubungan antara pengetahuan dengan keberhasilan pemasangan infus (p=0,533). Disarankan untuk Clinical Mentor agar meningkatkan perannya membimbing perawat baru dan memilih metode pembelajaran yang tepat agar kualitas dari perawat baru semakin meningkat.