Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Prestasi Akademik Mahasiswa Semester V Akademi Keperawatan Berkala Widya Husada Di Jakarta Selatan Tahun 2014
Daftar Isi:
- Motivasi belajar adalah suatu dorongan yang berasal dari dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas belajar agar memperoleh perubahan kognitif, afektif dan psikomotor dalam dirinya. John M. Keller menyatakan, terdapat empat aspek utama dalam motivasi belajar yang berpengaruh selama proses pembelajaran berlangsung, yaitu attention (perhatian), relevance (relevansi / hubungan), confidence (percaya diri) dan satisfaction (kepuasan). Keberhasilan mahasiswa dalam bidang akademik ditandai dengan prestasi belajar yang telah dicapai, ditunjukkan melalui Indeks Prestasi (IP) serta ketepatan dalam menyelesaikan studi. Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan prestasi akademik mahasiswa semester V Akademi Keperawatan Berkala Widya Husada di Jakarta Selatan Tahun 2014. Metode penelitian adalah kuantitatif analisis korelasi dengan rancangan penelitian cross sectional. Jumlah sampel 40 responden menggunakan teknik accidental sampling. Analisa data dengan uji statistik Kendal Tau b. Dari penelitian diketahui bahwa masing-masing aspek tidak berhubungan dengan hasil sebagai berikut : motivasi belajar dan prestasi akademik nilai p=0,632, attention & prestasi akademik nilai p=0.141, relevance dan prestasi akademik nilai p=0.717, confidence dan prestasi akademik nilai p=0.903, satisfaction dan prestasi akademik nilai p=0.903.