Hubungan tingkat pengetahuan dan pola asuh orangtua terhadap perkembangan motorik anak usia 3-5 tahun di tk yovinta depok 2013
Daftar Isi:
- Perkembangan motorik adalah proses tubuh kembangnya kemampuan gerak seorang anak. Tujuan dari penelitian adalah mengidentifikasi hubungan tingkat pengetahuan dan pola asuh orang tua terhadap perkembangan motorik pada anak usia 3-5 tahun di TK Yovinta Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif: deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah anak TK A dan B di TK Yovinta Depok. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan 45 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini mengggunakan analisis univariat dan bivariat. Analisis univariat berupa distribusi proposi dari responden: usia 20-39 tahun (98,7%), pendidikan tinggi (51,1%), pengetahuan yang baik tentang perkembangan motorik anak (93,3%), pola asuh demokrasi (93,3%), dan anak dengan perkembangan motorik yang baik (64,4%). Analisis bivariat menyatakan tidak ada hubungan bermakna antara pengetahuan orang tua (p=0,313) dan pola asuh (p= 0,589) terhadap perkembangan motorik anak. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukkan untuk kepala sekolah dan guru di TK Yovinta untuk memberikan konseling pribadi atau kelompok orang tua dalam mengontrol perkembangan motorik pada anak usia 3-5 tahun.