PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENENTUKAN RATA-RATA HITUNG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) DI KELAS XII AKOMODASI PERHOTELAN 1 SMK NEGERI 8 MEDAN
Main Author: | Simbolon, Rena Marhaini |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah
, 2016
|
Online Access: |
http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/5719 http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/5719/4730 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam menentukan rata-rata hitung dengan menggunakan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) pada di kelas XII Akomodasi Perhotelan1. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian dalam PTK adalah antusias siswa dalam kegiatan pembelajaran operasi bilangan riil (penjumlahan,perkalian dan pembagian). Subjek penelitian sebanyak 32 orang siswa.Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi yang dilakukan pada siswa. Berdasarkan observasi hasil penelitian persentase tingkat kemampuan menentukan barisan aritmetika meningkat dari 32 orang siswa terdapat 0% siswa yang memiliki kemampuan menghitung sangat baik, 59,4% siswa yang memiliki kemampuan menghitung baik, 25,0% siswa tingkat kemampuan menghitung cukup. Dan 59,4% siswa yang memiliki kemampuan menentukan rata-rata hitung nilai kurang.Persentase hasil tingkat ketuntasan kemampuan menghitung siswa dari 32 orang siswa pada siklus I pertemuan I mencapai 40,6% siswa yang tuntas dan 59,4% siswa tidak tuntas.Siklus I pertemuan II terdapat 46,9% siswa tuntas dan 53,1% siswa yang tidak tuntas sedangkan pada siklus II pertemuan I terdapat 71,9% siswa yang tuntas dan 28,1% siswa yang tidak tuntas sedangkan pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 100% atau 32 orang siswa yang tuntas. Dengan demikian menggunakan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan kemampuan menentukan rata-rata hitung .