PEMBELAJARAN FUNGSI KOMPOSISI KELAS XI DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING MODEL RECIPROCAL TEACHING DI MAN DARUSSALAM ACEH BESAR
Main Authors: | Maidiyah, Erni, ., Yuhasriati, ., Feriana |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah
, 2016
|
Online Access: |
http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/5623 http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/5623/4655 |
Daftar Isi:
- Matematika adalah salah satu disiplin ilmu yang harus dikuasai siswa. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak siswa yang kurang menguasai matematika, khususnya materi fungsi komposisi. Salah satu faktor penyebabnya adalah siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif adalah pendekatan Problem Posing dengan model Reciprocal Teaching. Materi fungsi komposisi adalah salah satu materi yang dapat diajarkan dengan pendekatan Problem Posing dan model Reciprocal Teaching. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan Problem Posing dan yang diajarkan dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi fungsi komposisi di kelas XI MAN Darussalam Aceh Besar Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Darussalam Aceh Besar Tahun Ajaran 2010/2011 yang terdiri dari 150 siswa. Sedangkan sampel adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang diambil secara purposive sampling dari lima kelas. Siswa kelas XI IPA1 diajarkan dengan pendekatan Problem Posing, sedangkan siswa kelas XI IPA2 diajarkan dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Kedua kelas diberikan tes akhir setelah pembelajaran dilakukan. Adapun data yang diperlukan untuk penelitian ini dikumpulkan melalui tes, obsevasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Tehnik analisis data yang diperoleh dari tes dilakukan dengan menggunakan uji-t dan data dari hasil observasi dan angket dianalisis dengan persentase. Hasil tes diperoleh rata-rata kelas XI IPA1 ; = 70,7 dan kelas XI IPA2; = 72,7. Adapun thitung = 0,45 dan ttabel = 2,02 atau thitung < ttabel pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar siswa pada materi fungsi komposisi melalui pendekatan Problem Posing dan model Reciprocal Teaching di kelas XI MAN Darussalam Aceh Besar.