Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning

Main Authors: Aklimawati, Aklimawati, Mahmuzah, Rifaatul
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Syiah Kuala , 2018
Subjects:
Online Access: http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/12722
http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/12722/9828
Daftar Isi:
  • Tujuan dari pembelajaran matematika di sekolah dalam kurikulum 2013 adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa baik dalam bidang matematika, bidang lain, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Bagi siswa, memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang tinggi akan sangat membantu mereka baik dalam proses pembelajaran matematika maupun dalam kehidupan sehari-harinya. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa maka harus didukung dengan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan bernalar siswa, dimana salah satunya adalah pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional baik secara keseluruhan maupun berdasarkan kemampuan awal siswa (tinggi, sedang, dan rendah). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Banda Aceh pada tahun pelajaran 2017/2018. Sampel diambil dua kelas yaitu kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol melalui teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Uji statistik yang digunakan untuk mengalisis data peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah uji anava dua jalur yang diolah menggunakan bantuan software Statistical Package for the Social Science (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, baik ditinjau secara keseluruhan maupun berdasarkan kemampuan awal siswa.